Mengunjungi Tempat Wisata Sumbar

Kali ini kami mencoba untuk memberikan gambaran perjalanan anda mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat. Kami akan mencoba merincinya dengan sederhana.

Jika anda menggunakan moda transportasi udara, anda akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau. Lokasi Bandara ini bukan di Kota Padang, tapi lokasi Bandara Internasional Minangkabau berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Berjarak sekitar 22,6 KM dari Pusat Kota Padang, kami menyarankan anda untuk menggunakan bus pariwisata resmi seperti Bus Vircansa. Bus Vircansa sendiri adalah bagian dari Bus NPM Group yang telah berdiri sejak tahun 1937.

Perusahaan Oto Bus NPM adalah perusahaan oto bus tertua di Indonesia untuk luar jawa. Berpusat di Kota Padang Panjang yang dikenal sebagai serambi mekah, tapi Bus Vircansa sendiri memiliki kantor perwakilan di Kota Padang, berada di tengah-tengah Kota Padang.

Klik LIHAT PETA untuk melihat petunjuk arah ke Pool NPM dan Vircansa.

Selain itu ada Operator Tour Terbaik Dunia atau World Best Halal Tour Operator ada di Kota Padang, yaitu ERA TOUR. Anda bisa menghubungi mereka dan tentu akan lebih mengasyikan bepergian bersama dengan pola perjalanan terstruktur.

Namun jika anda adalah wisatawan yang suka bepergian dengan kendaraan pribadi. Jika anda berasal dari Riau, maka tentu anda akan memilih perjalanan dari Bukittinggi sekitarnya.

Jika anda wisatawan Sumatera Utara yang datang ke Sumbar, anda bisa masuk melalui rute :
1. Sibolga ke Bukittinggi
2. Kota Duri-Bangkinang-Bukittinggi.
3. Padang Sidempuan-Pasaman-Bukittinggi.

Jika anda wisatawan yang berasal dari Bengkulu, anda tentu akan melewati rute Muko-Muko hingga ke Pesisir Selatan dan masuk Kota Padang.

Jika anda Wisatawan yang berasal dari Jambi, anda dapat masuk ke Sumatera Barat melalui rute :

  1. Muaro bungo – Dharmasraya – Sijunjung –  Solok – Kota Padang
  2. atau bisa dengan rute Sungai Penuh – Kerinci – Solok Selatan – Kabupaten Solok – Kota Padang.

Itu rute yang pernah penulis lewati saat keluar atau masuk sumbar dari Provinsi tetangga.

Oke, kita kembali ke rute perjalanan :

Anda dapat memilih memulai berwisata dari mana saja di Sumbar karena hampir semua tempat wisata di Sumbar sangat elok di pandang mata, memanjakan selera dan membuang kepenatan rutinitas karena hampir semua perjalanan di Sumbar di hiasi oleh hutan dan air yang jernih.

Wisata di Bukittinggi

Hari pertama anda sebaiknya menuju Bukittinggi, terdapat banyak sekali Hotel di Kota Bukttinggi. Perlu anda catat bahwa hampir semua hotel di Bukittinggi mensyaratkan pasangan yang sudah menikah atau punya hubungan keluarga dekat saja yang bisa check in dalam satu kamar.

Setelah sarapan di Hotel, anda bisa mengunjungi Kebun Binatang Kinantan yang berada dekat sekali dengan jam gadang. Anda dapat melihat beragam satwa baik yang hidup maupun telah di museumkan/diawetkan.

Juga terdapat rumah adat yang berisi benda bersejarah dan buku bersejerah tentang Sumatera Barat dan Minangkabau.

klik LIHAT PETA untuk mendapatkan arah ke Kinantan Zoo Bukittinggi.

Anda juga dapat berkuda di Benteng fort de kock yang merupakan benteng tua peninggalan penjajah Belanda dulu. Benteng itu bisa dijadikan tempat istirahat dan menikmati segarnya udara Kota Bukittinggi.

Antara pintu masuk Kinantan Zoo dengan benteng fort de kock, terdapat jembatan gantung “LIMPAPEH”, anda dapat melihat garis lurus antara Kantor Walikota Bukittinggi dengan Hotel Tua yang kini diberi nama Novotel yang dioperasikan oleh Group Accor Hotel.

Lelah di kinantan Zoo anda dapat makan siang di pasa lambuang, pusat makan khas Kapau yang sangat terkenal enak dan tentu harga yang sesuai kualitas.

Saya pribadi tetap berusaha makan disini jika melewati Kota Bukittinggi, namanya Kios Lambuang Pasa Lereng Bukittinggi. klik LIHAT PETA untuk mendapatkan petunjuk arah ke sana. Oh ya, jangan lupa untuk berselfie di Janjang ampek puluah.

Tempat biasa kami mencoba adalah Nasi Kapau Ni Er, jika anda belum tergesa-gesa, sebaiknya makan siang di pukul 11 siang, kios lambuang itu sendiri terdiri dari belasan pedagang. Dan telah buka sejak pukul 07.30 pagi. Jika anda datang di saat setelah waktu sholat, anda harus siap antri panjang.

Setelah atau sebelum makan, anda dapat sholat di Masjid Raya Bukittinggi. Dan di sekitar masjid adalah pusat pasar yang dikenal dengan pasar atas. Anda dapat membeli souvenir Bukittinggi disini. LIHAT PETA

Dari masjid, anda cukup berjalan kaki menuju jam gadang. Tapi tunggu dulu, sebaiknya anda menuju lubang jepang, melihat saksi sejarah penjajahan Jepang di Indonesia. Anda akan dibawa masuk ke dalam terowongan bawah tanah yang konon dijadikan sebagai tempat penyiksaan rakyat Indonesia oleh tentara Jepang masa penjajahan. LIHAT PETA

Setelah lubang jepang, anda bisa menikmati sore di Ngarai Sianok, bisa menikmati makan bebek cabe hijau yang dikenal sebagai ITIAK LADO MUDO. Atau makan kerupuk kuah sate ditaburi mi lasa khas Bukittinggi atau menikmati pensi khas danau maninjau.

Malam hari anda bisa duduk bersantai di sekitaran Jam Gadang atau di sekitar lapangan kantin. Anda juga dapat menikmati wifi.id di dekat kantor Telkom Bukittinggi yang juga berderatan dengan Gereja tua di Bukittinggi yang sampai sekarang masih di pakai untuk ibadat oleh saudara-saudara kami yang nasrani.

Meski Sumatera Barat adalah daerah dengan corak Islam yang kental, tapi tidak pernah ada kasus pembakaran gereja atau pelarangan orang beragama lain yang di akui negara di tanah Minangkabau. Dan bahkan satu Bupati di Sumatera Barat beragama nasrani. Itulah bentuk toleransi masyarkat minang terhadap perbedaan.

Tadi adalah perjalanan satu hari berwisata di Kota Bukittinggi, apakah cuma itu? Tidak.

Anda dapat mengunjungi :

1. Rumah kelahiran Bung Hatta, Proklamator dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. LIHAT PETA

2. Perpustakaan Bung Hatta. LIHAT PETA

3. Jenjang Koto Gadang. LIHAT PETA

4. Pusat Souvenir Bukittinggi, LIHAT PETA

 

Hari Kedua berwisata di Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota :

Next Article ya 🙂

admin mau kerja lagi di dunia nyata, hehe…

 

 

One thought on “Mengunjungi Tempat Wisata Sumbar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *